Sabtu, 18 November 2017

Wayang Kulit

Pertunjukan wayang kulit memiliki beberapa unsur penting:
a. Dalang
Dalang adalah narator dalam pertunjukan wayang. Dalang sekaligus juga melafalkan dialog para tokoh pewayangan. Ia mampu membawakan watak beberap tokoh sekaligus. Sepanjang pertunjukan wayang, dalang duduk dengan posisi bersila, kaki kanan menyilang ke paha kiri. Ia harus bertahan dalam posisi tersebut hingga akhir pertunjukan.

b. Wayang
Berbentuk tokoh-tokoh yang digambarkan secara figuratif di atas kulit. Berbagai bentuk wayang mewakili karakter tokoh pewayangan.
c. Gamelan
Merupakan musik pengiring yang terdiri atas perpaduan berbagai instrumen musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan menciptakan perpaduan yang indah. Gamelan juga membantu menciptakan suasana cerita.
d.Kotak Kayu
Kotak kayu ini merupakan ciri khas yang dimiliki dalang. Kotak ini digunakan untuk menyimpan sekitar 200 buah wayang. Ukuran kotak kurang lebih 150x80x60 cm.
e. Chempala atau pemukul kayu
Berupa tongkat kayu berukuran panjang 20 cm dan berdiameter 5 cm. Digunakan oleh dalang untuk menimbulkan efek suara tertentu dan memberi isyarat kepada pemain gamelan untuk memainkan musik yang diinginkan atau menghentikannya.
f. Kepyak
Memiliki fungsi yang hampir sama dengan chempala, tetapi terbuat dari tiga keping perunggu. Efek yang ditimbulkan berbeda dengan chempala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar