Jumat, 17 November 2017

Jenis-jenis Neraca Pembayaran

1) Transaksi Berjalan (Current Account)
Transaksi berjalan (neraca lancar) berkaitan dengan ekspor impor barang dan jasa dalam satu tahun. Transaksi berjalan meliputi:
a. Neraca Perdagangan (balance of trade), yaitu daftar perdagangan barang (ekspor dan impor) suatu negara dengan negara lain dalam jangka waktu satu tahun.
b. Neraca Jasa, yaitu ikhtisar yang menunjukkan penerimaan dan pengeluaran devisa serta selisih transaksi ekspor dan impor jasa, seperti penjualan jasa angkutan, pariwisata, asuransi, pendapatan investasi, modal/investasi di luar negeri, penduduk negara lain, pembayaran bunga, dividen, serta bunga modal.
c. Nerca Nonbalas jasa (transfer payment), yaitu untuk mencatat transaksi yang tidak menimbulkan balas jasa, misalnya hibah.
2) Neraca Modal (Capital Account)
Neraca modal (transaksi modal) merupakan neraca yang menunjukkan perubahan-perubahan dalam kepemilikkan aset jangka panjang dan jangka pendek seperti saham, obligasi, dan real estate suatu negara.
3) Neraca Penyeimbang (Seattlement Account)
Neraca penyeimbang merupakan saldo neraca permbayaran yang sama dengan nol/seimbang.
4) Selisih Perhitungan (Statisitical Discrepancy)
Selisih perhitungan merupakan salah satu faktor lain yang menyebabkan saldo neraca pembayaran tidak sama. Hal ini disebabkan adanya ketidaklengkapan informasi dan/atau transaksi yang tidak tercatat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar