Sabtu, 18 November 2017

Berbagai Tari Tunggal Nusantara

a. Tari Dewi Anjasmara

Tari ini berasal dari daerah Sunda (Jawa Barat). Tari Dewi Anjasmara ini menggambarkan tentang putri bangsawan yang bernama Putri Anjasmara dari hikayat Jawa tentang cerita Damarwulan. Putri Anjasmara ini diceritakan sebagai kekasih dari Damarwulan, seorang kesatria yang berhasil mengalahkan Minak Jingga pada zaman Kerajaan Majapahit.
Tarian ini menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan Damarwulan.
b. Tari Gatotkaca

Tari Gatotkaca merupakan salah satu tari wayang. Tari Gatotkaca sebenarnya berasal dari Solo. Tapi seorang bernama Rd. Ono Lesmana Kartadikusumah menciptakan tarian Gatotkaca versi Sunda pada tahun 1957.Tari Gatotkaca merupakan tari jenis putra yang mempunyai karakter gagah monggawa. Tari ini menceritakan tentang Gaotkaca yang merindukan Putri Pergiwa.
c. Tari Bondan




Tari Bondan adalah salah satu tari tunggal putri yang berasal dari Solo. Tari ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu Tari Bondan Cindogo, Tari Bondan Mardisiwi, dan Tari Bondan Pegunungan. Tari Bondan Cindogo dan Mardisiwi menggambarkan rasa kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Sedangkan Tari Bondan Pegunungan menggambarkan tingkah laku putri asal pegunungan yang sedang asyik menggarap sawah atau ladang. Tari Bondan ini ditarikan dengn menggunakan kostum berupa kain wiron, baju kotang, dan jamang serta dilengkapi dengan payung dan boneka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar